Thursday, October 9, 2008

pssstttt.....

Don’t speak
I know just what r u saying
So please stop explaining
Don’t tell me cause it hurt

Don’t speak
I know what u r thinking
I don’t need ur reason
Don’t tell me cause it hurt
*kutipan lagu don’t speak-no doubt*

Lagu yang tiap gw mendengarnya, selalu bertanya-tanya, apa iya kita tahu apa yang dipikir orang lain ?? apakah diantara dua kepala yang berbeda bisa menangkap apa yang ada didalam kepala lainnya ?? dua kepala, dua badan, dua jiwa, dan dua pengalaman berbeda. Meraba-raba mungkin, tapi untuk tahu secara exact, kayanya ngga. Ini yang membuat materi tentang komunikasi menjadi salah satu bahan yang laku dijual. Heheh…

Yang lebih parah, kita mengira kita tahu apa yang dipikir dan dirasa sama orang lain, lalu kita tidak memintanya untuk memberikan penjelasan apa-apa cuma karena menghindari sakit. Hahaha, double jeopardy.

Jadi teringat salah satu teori yang diajukan sama R.D Laing tentang spiral of reciprocal perscpective. Dia membahas tentang persepsi yang ada dalam diri seseorang terkait dengan interaksinya dengan orang lain. Masing-masing berpikir bahwa rekan interaksinya mengerti atau mengetahui alasan dia bersikap seperti itu, dan masing-masing lainnya tidak mengklarifikasi atau mengkomunikasikan kenapa ia melakukan ini itu. Dia pikir dia tahu. Padahal ngga.

Jadi, kalau dalam konteks lagu diatas, menurut saya sepahit apapun itu, sampaikan saja. Perjelas semuanya, A to Z.

Menelan yang pahit kadang memang tidak enak, tapi kalau itu dilakukan sesekali dan untuk kesehatan, kenapa ngga ??
Lebih baik sampaikan saja semuanya, jujurkan apa yang perlu dijujurkan, daripada nantinya jadi unfinished business… yang akan menghantui seumur hidupmu.
*ups, unfinished business ??? kaya kenal ;)*

Yang pahit-pahit atau menyakitkan biasanya membuat luka lebih cepat sembuh low. Heheh… seperti albothyl* yang dengan kejamnya memberi sensasi perih luar biasa tapi karenanya bisa menyembuhkan sariawan dalam semalam.
* salah satu obat sariawan, tetapi kini setelah improvisasi ramuan obat tersebut tidak lagi menimbulkan efek rasa sakit*.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home